Menu

Ancaman Kesehatan di Balik Beningnya Air Kolam Renang

Ancaman Kesehatan di Balik Beningnya Air Kolam Renang

Dibalik beningnya air kolam renang, sedikit dari kita yang mengerti kalau ada demikian banyak ancaman kesehatan yang mengintai. Anda mungkin saja tidak asing dengan momen beberapa orang tidak bertanggungjawab yang dengan seenaknya buang air kecil saat mereka masih tetap ada didalam renang. Kenyataannya adalah peristiwa sesuai sama itu bukanlah hanya satu ancaman medis yang perlu kita cermati saat tengah nikmati sensasi berenang di kolam renang umum.

Dalam riset yang dikerjakan Komite Kesehatan serta Kwalitas Air yang berada di Amerika Serikat, satu diantara instansi yang perduli pada ancaman kesehatan saat ada di lingkungan air, beberapa peneliti coba mencari tahu resiko kesehatan apa sajakah yang ada dalam lingkungan kolam renang umum. Riset itu melibatkan 3000 orang dewasa jadi responden. Bermacam pertanyaan diserahkan pada responden, termasuk juga peluang mereka sempat buang air kecil di kolam renang jadi orang dewasa. Di sini beberapa peneliti menyampaikan kalau sekitaran 27% orang dewasa berujar kalau mereka sempat mengerjakannya.

Menyikapi hal semacam ini, Chris Wiant, sang ketua komite berujar kalau kita masih tetap kurang info juga akan ancaman kesehatan yang mengintai di air. Kolam renang yaitu sarana umum. Kebanyakan orang bisa terhubung tempat begini, lepas dari latar belakang yang mereka punyai. Lepas dari pekerjaan atau hoby Anda, Anda tidak dapat menghambat seorang untuk masuk kolam renang. Anda mungkin saja seseorang dokter, entrepreneur, ibu rumah-tangga, mahasiswa, atau cuma seorang yang suka melihat perkiraan top score Piala Dunia 2018 Rusia. Di kolam renang, tidak ada sekali lagi batasan daerah pribadi.

Ancaman Kesehatan di Balik Beningnya Air Kolam Renang

Setiap saat seorang buang air kecil di kolam renang, urin yang di keluarkan juga akan bercampur dengan klorin dalam kolam renang. Kombinasi keduanya juga akan mengakibatkan timbulnya unsur kimiawi beda serta di waktu yang berbarengan, menghimpit jumlah klorin terlarut di air. Walau sebenarnya, klorin begitu diperlukan jadi unsur disinfektan serta pemusnah bakteri di air.

Karena berkurangnya kandungan disinfektan di air, tidak heran bila mikroorganisme seperti parasite serta bakteri keluar dalam jumlah yang begitu memprihatinkan. Beberapa peneliti temukan kalau parasite serta bakteri bisa menebar dalam sarana renang umum, bahkan juga bila tempat itu sudah berusaha dibikin bersih memakai zat kimia. Pada th. 2000 hingga 2014 mislanya, berlangsung sekitaran 500 insiden medis di lingkungan kolam berenang di 46 negara sisi serta Puerto Rico. Pada rentang itu, terdaftar 27. 219 masalah medis serta 8 kematian menerpa masyarakat di cakupan lokasi yang sama. Yang menarik adalah, sekitaran sepertiga dari peristiwa ini berlangsung di lingkungan kolam renang hotel serta sauna.

Beberapa besar dari penyakit ini dikarenakan oleh type parasit yang bernama kriptosporidium atau yang sering dimaksud dengan arti kripto. Parasit ini di kenal karna ketangguhannya dalam bertahan di lingkungan dengan kandungan klorin yang tinggi sepanjang 7 hari berturut-turut serta biang penyakit diare. Diluar itu, ada beberapa mikroorganisme beda yang ikut memegang andil besar dalam menebarnya ancaman kesehatan di lingkungan kolam renang, seperti bakteri pseudomonas yang mengakibatkan ruam merah dibagian telinga perenang, serta Legionella yang mengakibatkan penyakit Legionnaire. Yang paling akhir ini termasuk terparah diantara ketiganya. Mikroorganisme Legionella terdaftar mengakibatkan paling tidak 6 dari 8 masalah kematian yang terdaftar pada rentang saat 15 th. itu.

Mengenai Kripto terdaftar jadi biang merebaknya beberapa besar penyakit. Menurut Michele Hlavsa, kepala departemen Program Kesehatan Berenang dari CDC, konsumsi sesendok air penuh kripto, seseorang anak kecil serta dewasa yang sehat bisa segera terserang penyakit diare selalma satu minggu penuh, terkecuali keram perut, pusing, serta muntah-muntah.

Oleh karenanya, ia berujar kalau begitu perlu untuk kita untuk melindungi kebersihan air dari infeksi kripto. Ini pulalah sebagai argumen kalau seorang yang menanggung derita penyakit diare tidak diperbolehkan untuk masuk ke lingkungan kolam renang.

Juga demikian, banyak orang dewasa yang meremehkan imbauan ini. Banyak dari pada kita yang berasumsi kalau kita dapat masuk ke kolam renang sesudah kita tak akan alami diare, termasuk juga cuma 1 jam sesudah kita usai. Rentang saat ini begitu jauh dibawah referensi medis yang menyebutkan kalau seseorang pasien diare mesti menanti paling tidak 1 minggu hingga tanda penyakit itu hilang, baru bisa berenang di kolam renang umum.

Selanjutnya, banyak dari kita yang melupakan ritual mandi sebelumnya berenang. Umumnya dari kita masih tetap berasumsi kalau mandi dikerjakan sesudah berenang. Sudah pasti, 3000 orang yang diambil jadi responden riset itu tidak bisa mewakili kita keseluruhannya. Namun, paling tidak dari riset ini, kita dapat belajar untuk lebih waspada setiap saat ada dalam lingkungan kolam renang umum.

Tersebut sebagian panduan praktis yang dapat melindungi kesehatan Anda sekeluarga dalam lingkungan kolam renang umum.

1) Sebelumnya menuju ke satu kolam renang, yakinkan instruksi keselamatan kolam itu. Info seperti ini memanglah belum juga menyebar luas di Indonesia, namun sebagian kolam renang, terlebih di lingkungan hotel, sudah sediakan info seperti ini. poker88

2) Anda dapat mengecek kwalitas air dengan segera memakai strip uji kolam renang yang ada di beberapa toko perlengkapan. Pakai alat seperti ini untuk menguji kandungan klorin, bromin, serta tingkat pH di air.

3) Jangan sampai meminum air kolam renang serta teratur bersihkan tubuh anak Anda paling tidak tiap-tiap 1 jam sekali.

4) Mandilah paling tidak semenit sebelumnya Anda berenang apabila Anda barusan menanggung derita diare, paling tidak tunggulah 2 minggu sebelumnya berenang.

5) Yakinkan Anda dapat lihat saluran pembuangan air dibagian basic kolam renang. Anda juga mesti dapat rasakan bebrapa bagian kolam renang atau sauna tempat berjumpanya air dengan dinding kolam renang. Sisi itu mesti dijaga kesat serta tidak berminyak.

6) Bila anak Anda bermain jet air, ingat kalau air yang dipakai untuk kendaraan itu didaur ulang setiap waktu. Yakinkan anak Anda tidak menelan air itu, terlebih bila ada anak beda yang sempat duduk di kendaraan itu.

7) Bila Anda berusia 50 th. ke atas, tengah atau sempat merokok, miliki kisah penyakit paru-paru akut, atau menanggung derita ketahanan badan yang lemah, Anda lebih rawan untuk diserang mikroorganisme Legionella. Mikroorganisme yang satu ini menebar lewat udara, termasuk juga aerosol. Jadi, sebisa-bisanya, Anda mesti hindari mesin jet yang menyemprotkan air. Anda mesti selekasnya berkonsultasi ke dokter bila Anda percaya sudah terinfeksi pneumonia serta terangkan kisah kontak Anda dengan sauna atau kendaraan jet air belakangan ini. Info ini juga akan menolong dokter dalam memberi perlakuan yang paling baik untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *